Selasa, 14 Januari 2014

CARA MEMINDAHKAN PD/PTK DARI RUANG TUNGGU PADA APLIKASI v.2.0.5



CARA MEMINDAHKAN PD/PTK DARI RUANG TUNGGU PADA APLIKASI v.2.0.5
Supaya data PD/PTK yang berada diruang tunggu dapat kita pindahkan secara benar dan menghindari terjadinya data dobel utk PD/PTK yang bersangkutan setelah pindah ke tabel utama, maka perlu kiranya kita memperhatikan langkah-langkah sebagai berikut :
  1. Klik pada data PD/PTK yang akan kita pindahkan yang sudah bertanda merah/masih bertanda hijau yang ada pada ruang tunggu itu. 
  2. Klik kotak "pindahkan ke tabel utama". 
  3. Isi Kolom "Data Pribadi" siswa atau "Identitas" PTK yang akan timbul/terbuka setelah kita melakukan langkah 2 diatas.
  4. Setelah isian "Data Pribadi" Siswa atau "Identitas" PTK lengkap kita isi, klik save. Kotak Dialog "Tambah Siswa atau PTK" akan kembali terbuka.
  5. Refresh (klik tanda panah melingkar dibagian bawah kotak dialog), Nama PD/PTK otomatis akan hilang, tutup kotak dialog Tambah yang sedang muncul dengan cara meng-klik kotak "Tutup"  pada bagian bawah kotak dialog atau tanda X yang berada dibagian atas kotak dialog.
  6. Klik nama PD/PTK yang baru saja pindah ke tabel utama, PD/PTK ini akan bertanda merah pada kolom statusnya. kemudian klik kotak "registrasi" (untuk PD) atau klik kotak "Penugasan" (untuk PTK) dan lakukan registrasi untuk PD/PTK yang bersangkutan, klik save and close.
  7. Lengkapi Data Rinci PD/PTK, setelah semua data rinci terisi secara lengkap, klik save.
  8. Klik Tab "Rombongan Belajar".
  9. Untuk PD Klik kotak "Anggota Rombel", mapping siswa tersebut ke rombelnya. Untuk PTK, isikan nama PTK tersebut ke kolom "Wali/Guru Kelas" kemudian isikan jam pembelajarannya pada kolom "Pembelajaran".
  10. Lakukan secara berulang untuk PD/PTK yang lainnya seperti langkah-langkah diatas, sehingga semua PD/PTK yang sudah bertanda merah tersebut berpindah semuanya ke tabel utama.

Catatan :
  • Ketika mengerjakan langkah 3, usahakan data PD/PTK tersedia datanya sehingga tidak sampai berhenti di tengah jalan dan kita gagal melakukan saving atas data PD/PTK itu.
Langkah 5 jangan sampai terlewat, karena bila langkah ini terlewat maka data PD/PTK akan tetap nangkring diruang tunggu dan bisa terjadi kita kita klik lagi data tersebut untuk kita pindahkan ke tabel

MULTI USER VIA WIFI PADA PENGERJAAN DAPODIKDAS 2013



MULTI USER VIA WIFI PADA PENGERJAAN DAPODIKDAS 2013
Multi User disini maksudnya : Satu Komputer Utama/HOST (yang diinstall DAPODIK) diakses secara bersama oleh komputer lain/Client melalui LAN/WAN/jaringan lokal yang sama (sama kelas IP dan subnet-nya). Akses DAPODIK ke komputer utama menggunakan Satu Username-Password (berbagi user-name). ( Jadi harap dipahami multi user disini pengertiannya Bukan Satu Komputer yg diinstall DAPODIK diakses oleh komputer lain yang juga diisntall DAPODIK)

Penggunaan WIFI untuk Multi User
·         Wifi dengan Win7 :
  1. START>(Ketikkan pada Search)ADHOC lalu klik hasil searchnya.
  2. Tekan NEXT.
  3. isikan Nama Wifinya Pada Network Name. Misalnya: Aku
  4. Pilih Security type ( dianjurkan memakai WPA2-Personal)
  5. Isikan Security key (Minimal 8 charakter 0-9 , A-Z)
  6. Klik NEXT.
  7. Jaringan Wifi adhoc sudah siap diakses.
Untuk pengerjaan Dapodikdas 2013 dengan Multiuser pada WIN7 :
(Usahakan Aplikasi Dapodikdas 2013 sudah berjalan di Server.)
  1. Cari IP server dengan menggunakan CMD ( START>CMD) kemudian ketikkan IPCONFIG (Catatan: IP server akan muncul juka ada user yang mengakses jaringan itu.) Kemudian catat di IPv4. 
  2. Ketikkan IP server tersebut di Addres Bar Client kemudian enter.
  3. Login dengan Username dan Password yang sama dengan yang dipakai di Server
  4. Selamat bekerja.
 

 












·          Wifi dengan WIN8 :
  1. Masuk ke START kemudian ketikkan CMD. Lalu klik kanan pada CMD lalu pilih RUN AS ADMINISTRATOR ( Cek list pada bagian bawah)
  2. Kemudian Ketikkan: netsh wlan set hostednetwork mode=allow SSID=(Nama Wifinya) KEY=(Passwordnya minimal 8 character)
  3. Kemudian ENTER
  4. Kemudian aktifkan wifinya dengan menggunakan: netsh wlan start hostednetwork
  5. Wifi siap di akses. Untuk WIN8, Nama Wifi tidak akan muncul di Wireless Network Connection pada Server, tetapi akan muncul di Client. 
Untuk pengerjaan Dapodikdas 2013 dengan Multiuser pada WIN8 :
(Usahakan Aplikasi Dapodikdas 2013 sudah berjalan di Server.)
  1.  Cari IP server dengan menggunakan CMD ( START>CMD) kemudian     ketikkan IPCONFIG (Catatan: IP server akan muncul juka ada user yang mengakses jaringan itu.) Kemudian catat di IPv4.
  2.  Ketikkan IP server tersebut di Addres Bar Client kemudian enter.
  3.  Login dengan Username dan Password yang sama dengan yang dipakai di    Server.
  4.  Selamat bekerja.

CARA PENGISIAN DATA PLT KEPALA SEKOLAH



CARA PENGISIAN DATA PLT KEPALA SEKOLAH
Cara pengisian dan tentang siapa yang sebaiknya jadi PLT Kepala Sekolah dalam pendataan Dapodikdas.
  1. Sederajat kepala sekolah (tdk boleh pengawas yg jdi Plt) jika pengawas yg jdi PLT yg dirugikan data pengawas itu sendiri.. nanti data pengawas tsb bisa ngaco dan bahkan jika pengawas yg dapat tunjangan sertifikasi bisa tdk cair tunjangannya.
  2. Di menu penugasan tuk PTK yg jdi plt KD tsb masukan sk PLTnya, dan ceklisnya bukan induk.
  3. Di riwayat/dirincian PTK tsb cukup isi KGB terbaru dan SK golongan terbaru saja.
  4. Di tugas tambahan pilih PLT-Kepala sekolah, isi SKnya dan tmtnya, jamnya kosongkan saja.
  5. Data pribadi dan kepegawainya pengisiannya sama seperti PTK yg lainya.
  6. Tdk perlu dimasukan ke menu pembelajaran PLT tsb.
  7. jika sdah melakukan hal2 di atas kembali ke beranda refresh dan klik unduh profill.
lihat di profill execel tsb sheet ptk, dan cek ptk bersangkutan apakah sdah ada tugas tambahannya... (di beranda walaupun kepala sekolah masih merah no problem yg penting di profil sdah ada keterangan tugas tambahan sebagai PLT kepala sekolah).

INGAT KATA PIHAK P2TK JIKA SEKOLAH TDAK ADA PIMPINANNYA BAIK KEPALA SEKOLAH ATAU KEPALA SEKOLAH SEMENTARA yg sering disebut PLT.. maka akan diangap SEKOLAH tsb ""TIDAK NORMAL", dan sanksi sekolah tdk normal ya semuanya jdi tdk normal.

Penyebab guru sertifikasi tidak bisa dibuatkan SKTP



Ada sejumlah penyebab guru sertifikasi tidak bisa dibuatkan Surat Keputusan Tunjangan Profesi menurut Direktur P2TK Dikdas:

  • Pertama, jam linier kurang. Yang dimaksud linier yaitu sertifikasi guru sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan dalam rombel.
  • Kedua, rombel tidak normal. Kondisi tidak normal terjadi ketika JJM per rombel melebihi aturan KTSP tentang jumlah jam mengajar.
  • Ketiga, data kelulusan tidak ditemukan. Maksudnya, data kelulusan sertifikasi tidak valid.
  • Keempat, status Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) tidak ditemukan. 
  • Kelima, sudah memasuki masa pensiun.
  • Keenam, isian data tidak lengkap baik pada golongan dan masa kerja untuk PNS maupun data rekening bank (nomor akun, nama bank, cabang).
  • Ketujuh, ia tidak diusulkan Suku Dinas/Dinas karena sesuatu hal